Cara Service AC Rumah Sendiri

Cara Service AC Rumah Sendiri


Cara Service AC Rumah Sendiri. Cara membersihkan ac tidak dingin. Panduan servis ac sendiri mudah langsung bisa dipraktekkan. Jasa service AC murah. Berikut ini adalah Panduan Perawatan Pendingin Udara.
Perawatan pendingin udara yang tepat atau sistem pompa panas akan memastikan bahwa peralatan terus menyediakan pendinginan atau pemanasan yang diperlukan terutama selama musim panas atau musim dingin.

Beberapa langkah yang dapat Anda ambil sederhana dan tidak memerlukan teknisi servis untuk melakukannya. Membekali diri Anda dengan pengetahuan teknis sederhana ini akan menghemat waktu dan uang Anda.


Perawatan Pendingin Udara - Periksa Kondensor


Dalam AC biasa, unit kondensasor biasanya terletak di luar rumah Anda di mana kompresor, kipas angin dan koil kondensasi berada. Saat mendinginkan rumah Anda, unit ini membuang panas ke sekitarnya dengan meniup kipas di atas gulungan kondensasi. Pastikan tidak ada halangan pada kipas dan aliran udara kondensor.



Unit Kondensor Outdoor

Unit mini-split kondensasor luar biasa yang perlu
pembersihan untuk memastikan efisiensi unit pendingin udara.


Biasanya, Anda akan menemukan daun kering, kantong plastik dan bahan-bahan lain yang tidak diinginkan menempel pada kondensor terutama jika Anda tidak menggunakannya dalam waktu yang lama.

Jika perlu, gunakan sikat untuk mengeluarkannya dari koil dan memastikan bahwa udara dapat berhembus tanpa terhalang dari kondensor.



Anda tidak harus menutupi unit saat tidak digunakan karena unit ini cukup kuat untuk tahan terhadap suhu luar rumah yang keras. Pastikan saja bahwa unit yang Anda beli sesuai dengan standar keselamatan seperti UL atau CE Mark.

Ingatlah untuk mematikan AC sebelum membersihkan kondensor.

Ingat, jika Anda tidak ingin menangani perawatan Anda sendiri, ada berbagai Jasa service AC yang akan menanganinya untuk Anda tetapi itu akan lebih mahal.


Perawatan Pendingin Udara - Filter Periksa & Bersihkan

Sebagian besar unit evaporator dalam ruangan dilengkapi dengan filter yang dapat dilepas yang menjebak debu untuk mencegah kotoran menyumbat kumparan evaporator. Filter ini mudah dilepas dan dicuci dengan air dan sabun netral untuk menghilangkan debu. Bilas dan keringkan sebelum dimasukkan kembali ke unit. Jangan gunakan bensin atau bahan kimia untuk membersihkan filter.

Lakukan setidaknya sebulan sekali. Beberapa unit juga dilengkapi dengan filter elektrostatik yang bertindak sebagai sistem filter sekunder untuk evaporator. Gantilah jika kotor.




Perawatan Pendingin Udara - Periksa & Bersihkan Evaporator

Jika kumparan evaporator dalam ruangan kotor, gunakan penyedot debu atau kain basah untuk membersihkannya. Lakukan setidaknya sebulan sekali atau setiap 2 minggu tergantung pada frekuensi penggunaan.

Menjaga evaporator tetap bersih akan memastikan bahwa kapasitas pendinginan AC tidak hilang karena kotoran yang menghalangi aliran udara ke ruangan.



Periksa Ductwork

Jika Anda menggunakan sistem AC sentral, periksa saluran kerja untuk memastikan bahwa salurannya kedap udara dengan menyegel sambungan yang longgar atau retak menggunakan sealant. Ini akan membantu memastikan efisiensi pendingin udara. Bersihkan dan ganti filter jika perlu. Pastikan ventilasi tidak terhalang oleh furnitur di rumah.



Remote Control

Jika unit Anda memiliki remote control, pastikan itu berfungsi dengan memeriksa tampilan dan menggunakannya untuk mengontrol unit. Jika Anda tidak menggunakan remote ac untuk waktu yang lama, lepaskan baterai. Mempelajari fungsi kontrol elektronik akan memastikan bahwa Anda dapat mengoperasikan AC secara efektif.

Perhatikan bahwa ada beberapa mode pengoperasian, mis. Mode pendinginan, pemanasan, kipas atau otomatis tergantung pada sistem yang Anda beli. Penggunaan timer dan mode hemat energi lainnya disarankan untuk menghemat energi.


Perhatikan bahwa ada beberapa mode pengoperasian, mis. Mode pendinginan, pemanasan, kipas atau otomatis tergantung pada sistem yang Anda beli. Penggunaan timer dan mode hemat energi lainnya disarankan untuk menghemat energi.


Unit Daya

Itu selalu ide yang baik untuk menyalakan unit dan menjalankan AC di akhir musim semi untuk memastikan bahwa itu masih dalam kondisi kerja. Pastikan Anda mengoperasikan mode dan suhu yang tepat untuk mendapatkan efek pendinginan atau pemanasan yang diinginkan.

Cara Service AC Rumah Sendiri

Matikan & Nyalakan AC

Untuk sistem split dengan remote control atau kontrol kabel, selalu gunakan remote control atau panel kabel untuk memulai atau mematikan AC alih-alih menghidupkan / mematikan menggunakan sakelar ke AC. Ini akan membantu menjaga operasi siklus hidup sakelar.

Posting Komentar

0 Komentar